Kalkulator Sederhana Bahasa ( Pemrograman Java )

Program Kalkulator Sederhana
Menggunakan  Java NetBeans
"Sebagai Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2"

Untuk membuat program kalkulator sederhana dengan menggunakan GUI (Grapich User Interface), yang disediakan oleh editor NetBeans, yaitu JFrame. Karena untuk mekanisme pembuatan project di NetBeans dirasa sudah di pahami, maka akan langsung saja kepada desain dan source code (coding).
Setelah mendisain, disarankan untuk mengedit nama pada masaing-masing variable. Ini bertuajuan agar mempermudah inisialiasi atau penandaan di dalam script pada tiap fungsi tombol. Untuk mengubah nama variable, caranya dengan klik kanan pada komponen – Edit Text ( untuk mengarubah ext yang ditampilkan ) kemudian Change Variable Name ( untuk mengubah nama variable ).

          Untuk variabel itu sendiri, sebenarnya tidak dirubahpun tidak menjadi persoalan. Hanya saja untuk mempermudah sebagai penanda dalam listing program, maka perubahan nama pada variable sangat dianjurkan.


           
           Setelah Selesai mendesain sesuai dengan kebutuhan, langsung menuju Source. Untuk mengisi coding secara default atau agar mempermudah dan tepat sasaran, dengan Double Click pada komponen yang diinginkan. Selain itu dengan Klik Kanan – Events – Action – actionPerformed.
Adapun untuk script yang dituliskan untuk setiap komponen adalah sebagai berikut :








            Sebagai langkah awal kita deklarasikan variable yang dibutuhkan di dalam class public, Agar variable tersebut dapat di akses oleh class manapun di dalam turunan nya. 










             Gambar diatas adalah untuk code Tombol 0 - 9. Code diatas ditujukan agar setiap tombol angka di klik, maka akan menghasilkan angka sesuai daripada nama pada tombol, kemudian di set atau di tampilkan ke dalam hasil(jTextField). Dan angkapun diset berlanjut tiap satu digit angka tertentu yang di klik ke sebelah kanan. Lalu text di dalam hasil dirubah ke dalam variable bilangan.

  • Tombol C (Clear)



                  Untuk menghapus data pada display sebagai mana hasil atau proses kalkulasi.


  • Tombol / (Bagi)






         Untuk coding pengoprasian disesuaikan dengan Algoritma yang dibuat. Pada Gambar diatas dimaksudkan bahwa variable bil1  menampung suatu nilai yang nantinya akan dikalkulasikan dengan variable bil2.  Diketahui bahwa variable bil1 memiliki tipe data Long, sedangkan variable bilangan bertipe data String, yang nantinya akan digunakan untuk ditampilkan ke dalam hasil(jTextField), maka harus di konversikan terlebih dahulu kedalam tipe data Long agar dapat menyimpan isi dari variable bil1.
          Variable bilangan dikosongkan kembali untuk menampung String bilangan yang nantinya akan diberikan atau dimasukan ke dalam variable bil2. Sedangkan untuk variable opsi=1 merupakan integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di dalam bagian proses.


"untuk tombol operasi bilangan lainnya disesuaikan seperti sebelumnya"

  • Tombol X (Kali)

    

  • Tombol - (Kurang)








  • Tombol + (Tambah) 








  • Tombol = (Sama Dengan)
                Disinilah proses dimuat sesuai dengan Algoritma yang digunakan. Penggunaan switch case dipilih untuk proses kalkulasi. Variable total sebagai tempat proses kalkulasi, dimana disesuaikan dengan case yang dipilih. Untuk dapat menampilkan hasil daripada total, maka harus dirubah ke dalam String agar dapat disimpan didalam variable bilangan yang kemudian di tampilkan di dalam hasil(jTextField).



Running Program






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Biodata ( GUI )

Form Database Kartu Keluarga